Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Artikel Tentang TIK



"ARTIKEL TENTANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI"



Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Istilah Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kegiatan pembelajaran.Bahkan ada sebagian orang yang agak berlebihan pemahamannya, yaitu yang mengidentikkan TIK itu dengan komputer atau internet saja.Akibatnya, setiap ada pembicaraan mengenai TIK, maka yang terlintas di dalam pemikiran yang bersangkutan adalah komputer atau internet.

Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.



Penerapannya di lingkungan pendidikan/pembelajaran dapatlah dikatakan bahwa TIK mencakup perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.



Pemahaman mengenai TIK tidak lagi hanya sebatas pada hal-hal yang canggih (sophisticated), seperti komputer dan internet, tetapi juga mencakup yang konvensional, seperti bahan cetakan, kaset audio, Overhead Transparancy (OHT)/Overhead Projector (OHP), bingkai suara (sound slides), radio, dan TV.



Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.
Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.

DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Perkembangan teknologi informasi dan kumunikasi dapat meningkatkan kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi infomasi dan komunikasi dapat memberi mamfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika mengunakan telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan computer dan mengunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih mudah dan cepat dengan mudah mengunakan alat – alat teknologi komunikasi dan komunikasi.
Dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa , guru dan guru, dan antara guru,siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah . 


DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ketika nalar, kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut, apakah kemudahan atau kebaikan yang dijanjikan bisa menjadi kenyatan dan bisa dinikmati.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menimbulkan efek positif yang kontruktif (membangun), tetapi juga menimbulkan efek negatif yang destruktif ( merusak). Efek negative tersebut disebabkan oleh perkembangan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) tak seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur –prosedur yang jujur sehingga lahirlah cyber crime ( pembajakan kartu kredit). Selain itu, penguasaan IPTEK malah digunkan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn ( penyebaran aktivitas penyimpangan seksual dalam bentuk teks, gambar, maupun audio visual).
Adapun efek negatif lainnya dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD aktifitas tersebut merupaan tindak kriminalitas yang diatur oleh undang –undang karena termasuk kegiatan ilegal yang secara financial dapat merugikan pihak lain



Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi
Berdasarkan skala :
Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Topologi bus
Topologi bintang
Topologi cincin
Topologi mesh
Topologi pohon
Topologi linier
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
Berdasarkan media transmisi data :
Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.






INTERNET & INTRANET

Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung. Secara istilah internet : jaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi

Sejarah lahirnya internet

1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET

2. Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan ARPANET :

a. University of Utah

b. University California of Los Angles (UCLA)

c. University California of Santa Barbara (UCSB)

d. Stanford University



Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor

Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :

1. www (World Wide Web)

2. E-mail (Electronic Mail)

3. IRC (Internet Relay Chat)

4. Telnet

5. Mailling List

6. Newsgroup

7. Gopher

8. FTP (File Transfer Protocol)

9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)



Situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet

Unsur Website:

1. Domain Name

2. Hosting

3. Scripts

4. Design Web

5. Publication



Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs

Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)

Macam Domain Name

1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara

Contoh :

.com : perusahaan komersial

.edu : badan pendidikan (universitas, institute)

.gov : lembaga pemerintah non militer

.mil : militer

.net : jaringan

.org : organisasi

.int : organisasi internasional

.ac : badan pendidikan (universitas)

2. Country Spesific Domains : domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi (second level domain)

.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…

Jika digabung :

.co.id : badan usaha di Indonesia

.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia

.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia

.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia

.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia



JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET

Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain.

Manfaat jaringan computer :

1. Manajemen sumber daya lebih efisien

2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date

3. Mempercepat proses berbagi data

4. Komunikasi lebih efisien

5. Pelayanan klien lebih efektif



Jenis jaringan computer

1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer

2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota

3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua

4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda



Backbone : jaringan koneksi antar computer yang menjangkau dunia yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service Provider (ISP). Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)



Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet :

1. Kecepatan computer pelanggan

2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui

3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet

4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan

5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses



PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER

Perangkat keras jaringan computer

1. Server

2. Clinet

3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card

4. Switch Hub / konsentrator

5. Network Cable /kabel jaringan

6. Connector

7. PCMCIA Network Interface Card

8. Modem

9. Repeater

10. Bridge

11. Router

12. Crimping Tools

Server : computer yang bertugas sebagai eplayan bagi computer atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan, bertugas untuk membagi koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan

Client : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server.

Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client.

Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card.

Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer.

PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)

Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya

Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan

Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain

Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain

Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan







Jenis Network Cable

1. Coaxial

2. Unshielded Twisted Pair (UTP)

3. Shielded Twisted Pair (STP)

4. Serat Optik (Fiber Optic)



Jenis Connector

1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)

2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)

3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)







AKSES INTERNET





Jenis koneksi internet

1. Dial up

2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)

3. Broadband

4. Mobile access (handphone)

5. Wi-Fi / hotspot

6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)



Pertimbangan memilih ISP

1. Biaya langganan

2. Biaya pemasangan

3. Jarak ISP

4. Ruang atau space untuk membuat web

5. Perlindungan terhadap virus atau spam

6. Lamanya kontrak

7. Bantuan teknis





AKSES INTERNET

Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah di internet. Jenis Browser:





Berbasis Grafis

* Mozilla

* Mozilla Firefox

* CometBird

* Camino

* K-Meleon

* Kazehakase

* Beonex Communicator

* Browser Web IBM untuk OS/2

* Aphrodite

* Salamander

* Skipstone



Berbasis Internet Explorer

* Internet Explorer

* Chakra Browser

* Avant Browser

* Crazy Browser

* iRider

* MSN Explorer

* Maxthon

* NeoPlanet

* NetCaptor

* Tablane Browser

Berbasis GRML

* Pioneer Report MDI

* Tree MDI

* Bar Graph MDI



Berbasis KHTML

* Konqueror

* Safari

* ABrowse

* OmniWeb

* SkyKruzer

* Shiira



Berbasis teks

* Lynx

* Links

* ELinks

* w3m

* Netrik



Berbasis Handphone

* Doris Browser (untuk nokia 7650)

* Opera Mini

* OpenWave

* UC WEB



Browser lainnya

* Opera

* Google Chrome

* Comodo Dragon

* Enigma browser

* Oregano

* Amaya

* iCab

* NetPositive

* OmniWeb

* Dillo

* IBrowse

* AWeb

* Voyager

* Espial Escape

* HotJava

* Arachne

* Off By One

* Emacs/W3

* Grail

* My Kids

* Advanced

* Fast Browser Pro

* GoSuRF

* XANA Web Browser

* FastStone

* Freeware Browser

* 32bit

* Cygsoft LDAP

* Ideal

* The Nubonyx

* Dimension

* Flock

* ballot screen





Browser lama yang tidak lagi dikembangkan

* WorldWideWeb

* Mosaic

* AMosaic

* Netscape Navigator

* Arena

* Cello

* CyberDog

* IBM Web Explorer

* MidasWWW

* Viola

* WebRouser

* MacWeb







Tampilan Internet Explorer

1. Title bar

2. Menu bar

3. Standard button

4. Address bar

5. Halaman website

6. Status bar

Menu bar berjumlah 6 : file, edit, view, favorites, tools, help



Ciri-ciri link pada website

1. Berupa gambar atau teks

2. Berupa teks bergaris bawah dan berwarna

3. Jika pointer mouse diarahkan ke suatu link, maka akan berubah menjadi telunjuk tangan

4. Link yang sudah dikunjungi akan berubah warna



Tips efisien menjelajah internet

1. Hindari jam-jam sibuk

2. Hentikan proses download halaman web yang lama

3. Non aktifkan animasi dan multimedia

4. Tutup jendela yang tidak perlu

5. Persiapakan alamat situs yang akan dibuka

6. Gunakan fasilitas mesin pencari



E-MAIL

E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet

Jenis e-mail

1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP

2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain

3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail



Cara menulis dan mengirim e-mail

1. Login ke e-mail account

2. Klik tombol New (YahooMail)

3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim

4. Ketikan isi e-mail

5. Setelah selasai klik tombol Send



Membuka e-mail

1. Tampilkan halaman login YahooMail

2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In

3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com

4. Klik Inbox atau Check Mail

5. Klik subject e-mail untuk membaca

6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk



Membalas e-mail

1. Cara sama dengan membuka e-mail

2. Setelah membaca, klik tombol Replay

3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim

4. Ketikan isi e-mail

5. Setelah selasai klik tombol Send





Mengirim file / melampirkan file melalui e-mail

1. Login ke e-mail account

2. Klik tombol New (YahooMail)

3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim

4. Ketikan isi e-mail

5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open

6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan

7. Setelah selasai klik tombol Send.





















RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 8 (UNTUK SISWA KELAS 9)



PROGRAM PENGOLAH KATA

Bagian penting Microsoft Word 2003

1. Menu control

2. Title bar

3. Menu bar

4. Toolbar

5. Scroll bar

6. Ruler

7. Kursor

8. Taskpane



Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, table, window, help

Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, reference, mailings, review, view

3 Toolbar utama di Word 2003: toolbar standart, formatting, drawing

Ikon : lambang atau gambar yang mewakili seautu intruksi / perintah



Mengelola dokumen :

1. Membuka dokumen baru : file –new

2. Menyimpan dokumen : file – save as

3. Membuka dokumen : file – open

4. Menutup dokumen : file – close



Mengedit dokumen

1. Tipe dan ukuran huruf : font , font size

2. Attribute teks : bold, italic, underline

3. Perataan teks : align left, center, align right, justify

4. Menghapus teks : delete

5. Membatalkan perintah : undo, redo

6. Mengulang perintah : repeat

7. Menyalin teks : copy, paste

8. Memindah teks : cut, paste

Pengaturan halaman : file – page setup

Pengaturan jarak spasi : format – paragraph



Menu Microsoft Word:

1. Bullet and numbering

2. Border and shading

3. Clip art

4. Wordart

5. Columns

6. Symbol

7. Dropcap

8. Header and footer

9. Page number

10. Table

11. Chart

Pengaturan indentasi : fist line indent, hanging paragraph, left tab, center tab, right tab, decimal tab

Mencetak dokumen

1. Print preview

2. Cetak dokumen



PROGRAM PENGOLAH ANGKA

Tampilan Microsoft Excel

1. Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)

2. Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range

3. Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)

4. Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)

5. Cell : pertemuan baris dan kolom

6. Range : sekumpulan sel

7. Active cell : bagian yang ditunjukan oleh sel pointer

Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data, window, help



Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review, view

Bagian penting Microsoft Excel 2003

1. Baris judul

2. Baris menu

3. Tombol ukuran

4. Toolbar

5. Alamat sel

6. Baris formula

7. Judul kolom

8. Judul baris

9. Sel

10. Tabulasi sheet

11. Penggulung vertical dan horizontal

12. Task pane



Rumus yang digunakan dalam Excel

SUM : menjumlah data pada suatu range

AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range

MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range

MIN : mencari nilai terendah pada suatu range

COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range





RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 (UNTUK SISWA KELAS 9)



JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :

1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis

2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup

3. Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul Dan beberapa alat tradisional yang lain



Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zama modern semual dipisah menjadi dua: teknologi informasi dan teknologi kemunikasi

Teknologi informasi contoh

1. Komputer : mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi

Teknologi komunikasi contoh

1. Surat kabar : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat dibaca

2. Radio: alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat didengar

3. Telepon : alat komunikasi dua arah, dapat bergantian komunikasi

4. Televisi : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat di dengar dan dilihat



SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi

1. Periode sebelum masehi

a. Periode sampai 3000 SM

Komunikasi dengan menggunakan gambar didinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa digunakan dengn dengusan, isyarat, dan gerakan tangan

b. Periode 3000 SM

· 3000 SM bangsa sumeria mengguakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa symbol-simbol (huruf piktograf)

· 2900 SM bangsa mesir kuno mengukan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi

· 500 SM bagsa mesir kuno mengukana serat papyrus sebagai kertas untu menulis sebuah tulisan

· 105 SM bangsa cina menggukan kertas dari serat bambu

2. Periode setelah masehi

a. Penemuan telegraf oleh Samuel Finley Breese Morse 1837

b. Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874, dikembangkan Alexander Graham Bell 1876

c. Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan gelombang eletronagmetik

d. Televisi ditemukan Paul Nipkow 18883

e. Dan beberapa penemuan lain



Sejarah pengembangan computer:

Ø 5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung

Ø 1642 Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan

Ø 1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian

Ø 1820 kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian

Ø Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822

Dan ada beberapa penemuan berikutnya

Pengembangan computer berdasar generasi:

1. Generasi pertama (1946-1959)

Ciri :

Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya

Program hanya dibuat dengan bahasa mesin

Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas

Capat panas, perlu mesin pendingin

Proses lambat

Kapasitas sedikit

Butuh data listrik besar, Aplikasi terbatas

Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC



2. Generasi kedua (1959-1964)

Ciri:

Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya

Ukuran fisik lebih kecil

Menggukana program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL

Kapasitsa memori cukup besar

Menggukana simpanan luar magnetic disk

Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing

Proses operasi lebih cepat

Membutuhkan daya lebih kecil

Aplikasi lebih luas

Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400



3. Generasi ketiga (1964-1970)

Ciri :

Menggunakan IC ( Integrated Circuit)

Peningkatan software

Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat

Mempunyai kapasitas memory lebih besar

Mengguakan penyimpan luar

Daya listrik lebih hemat

Menggunakan multi processing

Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik

Harga murah

Dapat berkomunikasi antar komputer

Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000



4. Generasi keempat (1979-sekarang)

Ciri :

Berukuran lebih kecil

Harga relative murah

Mecul PC (personal computer)

Terdapat aplikasi yang semakin lengkap

Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)

Menggunakan chip yang bernama microprocessor

Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36



5. Generasi kelima

Dalam pengembangan oleh Negara Jepang

Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)



PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Contoh penerapan dibidang :

Ø Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)

Ø Bisnis : E-Commerce

Ø Perbankan : E-Banking

Ø Pendidikan : E-Learning

Ø Kesehatan : Smart Card



DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer

Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :

Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan

Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan



MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

Prosedur yang benar menghidupkan computer

1. Menyalakan stabilizer

2. Menyalakan power pada Chassing / CPU

3. Menyalakan power pada monitor

4. Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)

5. Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor



Prosedur yang benar mematikan computer

1. Klik tombol start

2. Pilih shut down atau turn off

3. Klik OK

4. Tunggu beberapa saat sampai computer mati

5. Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer















PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Perangkat keras dibangi menjadi

1. Perangkat masukan (input device)

a. Keyboard

b. Mouse

c. Joystick

d. Scanner

e. Digital camera

f. Microphone

g. Webcam

2. Perangkat proses (process device)

a. Motherboard / Mainboard

b. CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit

3. Perangkat simpan (storage device)

a. Primary storage : ROM, RAM

b. Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD

4. Perangkat keluaran (output device)

a. Monitor

b. Printer

5. Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem



PERANGKAT LUNAK

Penggolongan perangkat lunak

1. Sistem Operasi

a. Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX

b. Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux

2. Program Utility

a. File Viewer : ACDSee, Adobe Reader

b. Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)

3. Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…

4. Program Aplikasi

a. Program pengolah kata

b. Program pengolah angka

c. Program presentasi

d. Program multimedia

e. Program desain grafis

f. Program publisher

g. Program database

Post a Comment

6 Comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Informasi, menurut saya bidang studi Sistem Informasi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Informasi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di Lembaga Sistem Informasi

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat bagus mengenai Dunia Informasi, dan menambah pengetahuan dalam bidang Sistem Informasi.

    kunjungi blog saya
    http://dwipratamaariandy.blogspot.co.id/

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. https://kiosmateri.blogspot.com/2013/05/makalah-pengaruh-teknologi-terhadap-sia.html?showComment=1589136513039#c1620938214080198187

    ReplyDelete
  4. terima kasih banyak kak,saya kesulitan mencari blog seperti ini,sangat bermanfaat seperti saya yang berkuliah di perkuliahan komputer.Perkenalkan saya Ade Taufi Kurrachman Mahasiswa STMIK Atma Luhur Pangkalpinang jangan lupa datangi website kampus saya kak https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete